by

Forpimcam Loceret hadiri Pelatihan Tanggap Bencana di Balai Pertemuan Desa Loceret

Loceret, Antisipasi dan Penanganan terjadinya Kebakaran, Kepala Desa Loceret (Witri Januarista Spt M Agr) menyelenggarakan Pelatihan Tanggap Bencana. (Sabtu 27072019)

Pelatihan Tanggap Bencana yang dilaksanakan oleh Kepala Desa Loceret, untuk mengajak masyarakat desa loceret lebih cerdas dalam menangani apabila terjadi bencana khususnya Kebakaran di lingkungannya. Karena di hadapkan musim Kemarau panjang, Nganjuk terkenal kota angin, yang relatif setiap hari nya angin kencang.

Dalam acara pelatihan tersebut juga di hadiri oleh Forpimcam Loceret juga Tim dari PMK Kab. Nganjuk, serta para peserta yang di berikan pelatihan dan pengarahan meliputi RW, RT dan Tokoh masyarakat sekelurahan Desa Loceret.

Witri Januarista selaku Kades Loceret, mengadakan pelatihan Tanggap bencana ini, menyikapi beberapa kejadian di wilayah lain yang sering terjadi bencana kebakaran, dan relatif bingung dalam Penanganannya, sehingga muncul ide mengadakan Pelatihan Tanggap Bencana bagi Masyarakatnya.

Sekcam Loceret mewakili Camatnya, menyampaikan, sangat mengapresiasi kegiatan positif ini, guna masyarakatnya mengerti dan mampu menangani apabila terjadi bencana kebakaran di Desa nya. Juga menekankan apabila terjadi kebakaran apa langkah yang perlu di ambil atau di perbuat.

Kapten Inf Suprapto (Danramil Loceret), menambahkan apa yang telah di sampaikan Bpk. Sekcam, menghimbau apabila terjadi kebakaran dan apa saja bentuk bencana, agar tahapan -tahapan penanganan di di perhatikan dan segera memberikan informasi ke Koramil atau babinsanya karena TNI berdasarkan Tugas pokoknya di luar perang, sesuai UU nomer 34 Tahun 2004, membantu Pemerintah Daerah. Bencana itu ada 2 macam
(-) Bencana yang disebabkan manusia dan
(-) Bencana yang di sebabkan Alam.
Danramil 0810/03 loceret juga menambahkan, bahwa kejadian kebakaran itu banyak yang diakibatkan adanya faktor kelalaian manusianya, contohnya Kompor gas lupa untuk mematikan dan Konseleting Listrik, maka di himbau pada warga masyarakat apabila akan meninggalkan rumah agar di cek benar benar semua sudah aman.

Kapolsek loceret AKP Supriadi. SH .
Menambahkan di wilayah Nganjuk sdah 3 kali kejadian kebakaran sampai ada yang menimbulkan korban jiwa .
Awalnya kejadian kebakara memang tidak sengaja tetapi karena lengah sehingga bisa berakibat fatal

Tim PMK (Sdr. Fendika) memberikan penjelasan langkah langkah yang harus dilakukan apabila terjadi kebakaran :
– Teriak memberikan info / minta tolong bila ada kebakaran.
– Lari menjauh dari pusat Api.
– Dilarang bersembunyi di Kamar mandi.
– Segera hubungi PKM Dinas Pemadam Kebakaran
– Memutus jarak terdekat yang mudah terbakar dengan alat yang dapat digunakan.

Para peserta pelatihan Tanggap bencana sangat antusias untuk mendengarkan, karena semua yang di sampaikan para nara sumber itu suatu ilmu yang bermanfaat dan berguna apabila terjadi kebakaran, dan dilanjutkan simulasi kebakaran serta penanganannya. (Red. Bbs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed