by

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kawal Pengesahan Warga Baru PS NU

Loceret, Babinsa bersama dengan Bhabinkamtibmas Desa Kwagean memberikan rasa aman dalam pelaksanaan wisuda warga baru PS NU Pagar Nusa di *Padepokan Lipat Jagat* di Masjid Baitul Qohhar dusun Sambijajar Kwagean. Sabtu 19.30.07072019.

Kegiatan rutinitas setiap Perguruan silat yang ada di Wilayah Kabupaten Nganjuk mempunyai agenda Wisuda Warga baru yang telah lulus melalui beberapa tahap latihan, mulai dari dasar hingga terpenuhi ilmu Kanuragan yang di miliki masing masing perguruan, dan tiba saatnya untuk melakukan ritual wisuda / pengesahan warga baru, sehingga resmi mempunyai gelar Pendekar Perguruan.

Menurut Ketua Ranting PS NU PAGAR NUSA Sdr. Zainal Anwar, pelaksanaan pengesahan warga baru yang di lakukan saat ini Ranting Sambijajar mengesahkan warga barunya sejumlah 99 pendekar, terdiri dari Ranting Kwagean 6, Ranting Sambijajar 47, Ranting Mojokendil 13, Ranting Kedunglo 8 dan Ranting Wonosari 25 orang. Selain itu Sdr. Zainal Anwar juga mengucapkan terima kasih banyak kepada para petugas keamanan baik Babinsa maupun Bhabinkamtibmas serta anggota Polsek yang lain sehingga dalam pelaksanaan wisuda bisa berjalan dengan lancar, sukses dan aman.

Menurut Babinsa Kwagean (Sertu Sugiono), kewajiban seorang Bintara Pembina Desa harus mampu mengayomi dan melindungi warga binaanya dalam segala kegiatan, termasuk kegiatan pengesahan salah satu perguruan PS NU PAGAR NUSA di desa binaanya. Agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan (Bentrok antar Perguruan seperti di wilayah lain).

Sakralan pengesahan warga baru PS NU Pagar Nusa di mulai pada waktu ba’da Isyak sampai dengan menjelang sholat subuh, baik calon pendekar maupun pendekar senior tidak ada yang tidur, selalu memanjatkan doa supaya nanti menjadi pemdekar yang berbudi luhur, tidak sombong, rendah hati dan bisa mengayomi yang mebutuhkan serta bisa membela diri. Red Bbs.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed